Senin, 01 Juli 2013

Autisme dan Pandangan Tentang ODHA (Orang Dengan HIV / AIDS)

         Minggu ini ada sesuatu hal yang menarik untuk disimak, tetapi juga ada hal lain yang membuat orang terdekat bisa menangis, tetapi dibalik itu semua tersimpan suatu rahasia dari ALLAH SWT karena setiap makhluk yang lahir di dunia adalah ciptaannya,, ya kita berbicara tentang kelahiran seorang bayi yang SUBHANALLAH lahir dengan memiliki kepala dua , bayi tersebut adalah putra dari seorang ibu yang bernama munjiah(27) , beliau sangat tegar dalam menghadapi cobaan ini dan berkata "saya akan tetap merawat bayi ini" . inilah kata mutiara dari seorang ibu setelah dia melaksanakan perang sabil, seorang ibu muda yang patut untuk dicontoh, kenapa?? karena ketegarannya ,tegar karena tau bahwa bayi yang diharapkannya lahir dengan keadaan yang tidak diinginkan, dan juga beliau adalah seorang yang tabah karena menganggap anak yang terlahir tidak sempurna itu adalah titipan ALLAH SWT dan dia di beri amanah untuk menjaganya.
            Intermezo diatas juga mengingatkan saya dan kita semua untuk selalu bersyukur atas apa yang telah di anugerahkan olehnya , pada bagian ini saya akan membahas tentang bagaimana jika kita menerima kenyataan bahwa anak kita terlahir dalam keadaan AUTIS  satu hal yang pernah saya pelajari karena bertemu dengan seorang yang dalam keluarganya mempunyai adik yang sangat nakal dan katanya dia adalah pengidap autisme, tetapi karena saya tidak belajar psikologi dan juga kedokteran jiwa maka saya memandang masalah ini dari sudut pandang jurnalistik saja.
            Dalam sejarah banyak sekali orang besar yang terlahir dengan membawa sifat AUTIS dalam dirinya sebut saja Wolfgang amadeus mozart & Albert einstein dua nama itu adalah pengidap AUTIS tetapi seiring berjalannya waktu dapat membuktikan bahwa autisme yang mereka idap bukanlah sesuatu yang menjijikkan dan bisa membuat orang muntah,, meraka membalikkan fakta bahwa mereka adalah orang besar dengan karya dibidang masing-masing, Mozart dengan kehebatan yang mengantarkan dia menjadi komposer kelas dunia, dan Einstein menjadi fisikawan dengan IQ (Intelligent Quotient) yang super tinggi bahkan menurut sejarah sepanjang hidupnya einstein hanya menggunakan 1/3 kekuatan daya pikirnya, penemuannya yang mencengangkan adalah teori bom atom dengan rumus E=Mc2 , jadi jangan anggap orang ,anak, saudara dan linnya jika hidup dengan autisme maka hidup akan berakhir itu salah besar . Dilingkungan komplek saya ada anak autis yang setiap sore berjualan gorengan dan es buatan ibunya, salut saya buat dia.
             Masih di kota semarang ini juga pemerintah juga sudah menyediakan sekolah SLBN untuk para penyandang autisme dan sekolah yang dikepalai oleh Bp.Ciptono ini juga banyak menelurkan bibit2 unggul yang tak kalah dalam berkesenian dengan anak normal lainnya.
              Jadi jika masih ada yang beranggapan anak autis itu sampah, anak autis itu nakal maka saran saya orang itu harus belajar bagaimana pendidikan yang tepat dan merawat anak berkebutuhan khusus ini juga membutuhkan perhatian khusus juga. Mereka adalah permata yang belum tersentuh kilaunya ..Jika dibiarkan begitu saja..
        Pada bagian ini saya akan membahas bagaimana ODHA (Orang Deangan HIV/ AIDS) menjalani hidupnya banyak anggapan miring yang mendasari alasan bahwa jika kita berteman dengan para ODHA secara umum mereka bisa menularkan peenyakitnya, itu salah besar HIV/AIDS tidak akan menular jika kita hanya bejabat tangan dan memeluk teman kita sebentar, ada anggapan pula para pengidap ini juga akan balas dendam dengan menularkan penyakit ini kepada orang yang normal (sehat).. itu juga perlu ditelusuri kebenarannya.
   HIV(HUMAN IMMUNODEFICIENCY VIRUS) Dan AIDS (ACQUIRED IMMUNODEFICIENCY SYNDROME) Adalah suatu penyakit yang di sebabkan oleh 
  • Pemakaian jarum suntik (narkotika) secara bergantian
  • Melakukan hubungan Seks dengan pasangan yang berganti-ganti dan tanpa alat pengaman
  • Melakukan Hubungan seks dengan binatang dan tidak pada tempatnya 
          
        Adalah salah atu cara seorang bisa dengan mudah terkena HIV/AIDS sampai sekarang pun belum diketahui obat apa yag bisa menyembuhkan nya tetapi ada obat yang  menjadi penahan bagi para pengidap untuk memperpanjang harapan hidup , menambah sistem imun tubuh, karena HIV/ AIDS yang diserang adalah sistem kekebalan tubuh berkebalikan dengan penyakit LUPUS , dan obat itu bernama ARV (ANTIRETROVIRAL) sekarang juga telah di galakkan kampanye penggunaan Kondom dilingkungan lokalisasi ,tetapi sebetulnya pemerintah juga harus ikut andil dalam mengatasi masalah lokalisasi ini jangan sampai melarang tetapi tak diberi solusi.
           Yang menjadikan takjub adalah ketika melihat tayangan kick andy di metro tv ada sekelompok anak muda yang mengaku bahwa mereka adalah ODHA tetapi punya prestasi di bagian olahraga dan bisa membanggakan INDONESIA melalui jalur olahraga yaitu futsal..
            Nah jika sudah begini apa masih mau kita saling mengkotak2 kan diri?? apa tidak mau menghargai perbedaan dan sesuatu yang berbeda adalah rahmat.. karena pada hakekatnya semua manusia itu sama dan ODHA yang sadar pasti juga bertaubat dan mau memperbaiki diri dan kesalahan dimasa lalunya.. 
    sekian....

Cheer's
~PJX~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar